Rekomendasi Radar Laut dengan Teknologi Baru

Posted By: Administrator . Di: News & info Views: 533

Beberapa produk radar dengan teknologi baru diperkenalkan belum lama ini. Namun, apakah perkembangan terbaru ini sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut tiga produk radar dengan teknologi baru yang mungkin cocok untuk Anda.

1. Garmin GMR Fantom

Fantom Pulse Compression Doppler Radar series dilengkapi dengan antena array terbuka 4-kaki atau 6-kaki dan daya 40W, menjadikannya pilihan untuk kapal penjelajah dan kapal besar lainnya. Fitur utama yang baru adalah MotionScope, yang menurut Garmin memungkinkan pelaut melihat target bergerak secara instan di layar dan menggunakan efek Doppler untuk menentukan gerakan relatif dari target. Apakah target bergerak ke arah atau menjauh dari radar, Fantom menyediakan deteksi instan dan menyoroti target-target ini di layar radar. Auto Bird Gain adalah fitur lain yang sangat diapresiasi oleh pemancing lepas pantai, yang dirancang untuk menyetel radar untuk membantu pengguna menemukan kawanan burung di dekat permukaan air, tanda pasti bahwa ikan pelagis predator sedang mencari makan.

Seri Fantom kompatibel dengan seri GPSMAP 7400/7600, GPSMAP 8000/8200 dan GPSMAP 8400/8600 MFD.

2. Furuno DRS4D-NXT

Furuno DRS4D-NXT adalah radar generasi baru dari Furuno, yang hadir dengan antena radome 24” yang ringkas, antena ini berukuran tepat untuk konsol tengah yang lebih kecil dan perahu pilothouse. Dirancang untuk berinteraksi dengan perangkat multifungsi NavNet TZ Touch dan TZ Touch2, radar NXT memperkenalkan apa yang disebut Furuno dengan Target Analyzer. Singkatnya, fitur ini memudahkan pelaut - bahkan yang memiliki pengalaman terbatas menggunakan radar - untuk mendeteksi, melacak, dan menghindari target berbahaya yang bergerak menuju kapal mereka. Berdasarkan teknologi Doppler,Target Analyzer secara otomatis mengubah warna target berdasarkan: jika mereka bergerak ke arah Anda dan pada kecepatan berapa. Target seperti tanah/pulau, perahu / pelampung stasioner, atau kapal yang mendekat lambat (> 3 knot) muncul berwarna hijau. Target berubah merah jika mendekati kapal Anda dengan kecepatan 3 knot atau lebih. Fitur-fitur faktor dalam kecepatan kapal Anda sendiri, dan juga berfungsi jika Anda mengikuti kapal lain.

Mengingat banyak pelaut yang hanya sesekali menggunakan radar, ketika mereka terjebak dalam gelap, kabut, cuaca buruk, dll., fitur ini (yang dapat dimatikan) sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri navigator.

 

3. Raymarine Quantum Wireless CHIRP Radar

Satu hal besar yang membedakan radar baru ini adalah koneksi WI-FI nirkabel antara antena radome dan display yang kompatibel. Dengan fitur unik dan kabel daya kecil ini, Raymarine menghadirkan radar yang ringan (sekitar 5.4 kg) dan mudah dipasang di ruang sempit. Radar ini juga menggunakan daya yang sangat kecil (17W transmit/ 7W standby). Hal ini menjadikannya pilihan yang baik untuk kapal seperti konsol tengah dan perahu layar dengan kapasitas baterai terbatas, serta kapal yang lebih besar

Teknologi kompresi dorongan CHIRP memastikan bahwa lebih banyak energi mencapai target jarak jauh, namun juga memberikan deteksi target jarak pendek yang sangat baik, ini merupakan ciri khas radar kondisi padat. Rentang target minimum adalah 18 kaki, sedangkan rentang maksimum adalah 24 mil laut. Fitur yang disebut ATX (Advanced Target Separation) mengidentifikasi target yang kecil dan lemah (seperti kayak atau SUP) bahkan ketika dekat dengan pengembalian yang kuat seperti dermaga dan tanggul laut.

Pola baut yang cocok dengan radar Raymarine generasi sebelumnya membuatnya mudah untuk meningkatkan radar baru ini ke sistem yang ada (selain WI-FI nirkabel, dapat diatur menggunakan Eternet berkabel). Integrasi nirkabel dimungkinkan dengan MFD bertenaga Raymarine Lighthouse II apa pun.

Share Arikel :