Bisakah Laser Meter Digunakan di Luar Ruangan?

Posted By: Administrator . Di: News & info Views: 214

Ada banyak informasi yang salah tentang penggunaan laser meter di luar ruangan. Jadi, disini saya akan memberikan panduan singkat yang mudah-mudahan dapat meluruskan beberapa kesalahpahaman tersebut.

Dapatkah laser meter digunakan di luar ruangan? Ya, tentu bisa, ini jawaban yang sederhana. Semua laser meter dapat beroperasi di luar ruangan, tetapi kenyataan di lapangan mungkin tidak sesuai harapan.

Ada banyak informasi yang salah tentang penggunaan laser meter di luar ruangan. Jadi, disini saya akan memberikan panduan singkat yang mudah-mudahan dapat meluruskan beberapa kesalahpahaman tersebut.

Dapatkah laser meter digunakan di luar ruangan? Ya, tentu bisa, ini jawaban yang sederhana. Semua laser meter dapat beroperasi di luar ruangan, tetapi kenyataan di lapangan mungkin tidak sesuai harapan.

Pertama-tama, laser meter bekerja dengan memancarkan titik laser yang kemudian dipantulkan ke permukaan objek dan perangkat menghitung jarak dari refleksi itu. Jadi yang terpenting adalah bahwa perangkat mengukur kemana titik laser menembak permukaan objek. Untuk mengetahui dimana Anda mengukur, Anda harus dapat melihat titik laser secara fisik. Aturan batas kecerahan atau output laser ini secara global hampir sama antara satu dengan lainnya. Laser meter umumnya memiliki output laser kurang dari 1mW untuk laser kelas 2. Jadi kecerahan laser satu perangkat hampir sama dengan perangkat yang lainnya. Di luar ruangan, di bawah sinar matahari langsung, Anda tidak akan dapat melihat titik laser lebih dari sekitar 10 meter. Dalam beberapa keadaan, Anda mungkin tidak dapat melihatnya lebih dari 3 meter.

Jadi, secara teknis Anda dapat menggunakan laser meter di luar, tetapi tergantung pada jarak yang ingin Anda ukur. Tapi tenang, pengukuran jarak jauh masih dapat dilakukan menggunakan laser meter. Silakan simak penjelasan selanjutnya.

Laser meter tipe apa yang cocok digunakan di luar ruangan?

Ada beberapa jenis laser meter yang dirancang untuk bisa digunakan di luar ruangan. Namun, Anda perlu memiliki beberapa metode untuk meningkatkan penargetan sehingga Anda tahu di mana titik laser bahkan ketika Anda tidak bisa melihatnya secara fisik.

Cara tradisional untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan beberapa jenis jendela bidik (viewfinder) optik teleskopik. Prinsipnya hampir sama dengan pandangan pistol. Ketika Anda melihat ke bawah, disitu terdapat crosshair. Ini menunjukkan di mana titik laser bahkan jika Anda tidak dapat melihatnya. Masalah dengan viewfinder ini adalah sering sulit digunakan. Anda perlu mencoba dan mengarahkan perangkat pada saat yang sama dengan melihat melalui viewfinder dan kemudian tekan tombol ukur. Menggunakan tripod dapat membantu, tetapi ini masih merupakan operasi yang sulit.

 

Metode penargetan yang lebih baru adalah dengan menggunakan kamera dan layar yang terpasang di dalam perangkat. Kamera diarahkan ke tempat laser menembak dan layar memiliki garis bidik yang menunjukkan di mana titik laser berada. Keuntungan dari sistem ini adalah Anda memiliki kontrol lebih besar atas arah yang Anda tuju pada laser meter dan penargetan yang lebih akurat. Kerugiannya adalah teknologi ini harganya lebih mahal. Tetapi jika Anda ingin pengukuran yang andal di luar itu cara terbaik untuk melakukannya.

Bagaimana cara menargetkan laser meter secara akurat dari jarak jauh ?

 

Jika Anda sudah memiliki laser meter dengan viewfinder atau penargetan video, lalu bagaimana Anda membuatnya tepat pada posisi yang ingin diukur? Anda dapat memegang perangkat di tangan Anda dari jarak yang lebih pendek  dan saat menargetkan permukaan yang luas. Tetapi, untuk pengukuran yang lebih spesifik pada jarak yang lebih jauh, ini menjadi terlalu sulit. Salah satu jawabannya adalah menggunakan tripod dan sebagian besar laser meter untuk penggunaan luar ruangan dapat dipasang ke tripod. Tripod sederhana dengan pan dan kemiringan seperti tripod kamera seringkali dapat melakukan pekerjaan itu. Untuk kontrol yang lebih besar lagi, Leica memiliki adaptor yang memberikan kontrol sangat baik atas dan kebawah dan penyesuaian sisi ke sisi.

Bagaimana dengan jangkauannya?

 

Akankah laser meter yang mengatakan mampu mengukur jarak hingga 150m selalu bisa mengukur sampai jarak itu? Jawabannya pasti tidak. Jarak yang diiklankan oleh pabrikan adalah angka "HINGGA" berdasarkan kondisi optimal. Seringkali di dunia nyata, Anda hanya dapat mengukur setengah jarak yang ditentukan dengan andal. Ini karena sifat reflektif dari permukaan yang Anda targetkan. Sebagai contoh, dinding bata yang dicat putih jauh lebih reflektif daripada kulit pohon. Jadi untuk dinding bata Anda dapat mengukur jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan pohon. Untuk meningkatkan sifat reflektif permukaan Anda dapat menggunakan target plate yang melekat pada permukaan objek. Sebagian besar pabrikan laser meter juga mengeluarkan target plate, baik yang sepaket dengan perangkat atau sebagai aksesori opsional. Leica Disto, misalnya, memiliki sejumlah target plate dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Kesimpulan

Jika Anda ingin membeli laser meter untuk pekerjaan luar, pertimbangkan berapa jarak yang akan Anda ukur. Untuk jarak yang sangat dekat maka perangkat standar akan cukup. Jika jaraknya lebih jauh maka Anda harus mengeluarkan bujet sedikit lebih banyak dan mendapatkan laser meter dengan fitur kamera. Terakhir, jika Anda menargetkan area kecil jarak jauh seperti tiang pagar dengan ketinggian 100 m (300 kaki), Anda juga akan membutuhkan tripod dan mungkin adapter penyesuaian yang bagus.

Share Arikel :