Beberapa Bidang Industri yang Menggunakan Fotogrametri

Posted By: Administrator . Di: News & info Views: 323

Fotogrametri adalah penggunaan fotografi dalam survei dan pemetaan. Fotogrametri digunakan untuk mengukur jarak antara objek, dan software fotogrametri dapat memanfaatkan gambar untuk membuat rendering 3D. Meskipun pada awalnya sebagian besar digunakan untuk pemetaan topografi, baru-baru ini fotogrametri digunakan dalam sejumlah cara yang tidak terduga.

Fotogrametri adalah penggunaan fotografi dalam survei dan pemetaan. Fotogrametri digunakan untuk mengukur jarak antara objek, dan software fotogrametri dapat memanfaatkan gambar untuk membuat rendering 3D. Meskipun pada awalnya sebagian besar digunakan untuk pemetaan topografi, baru-baru ini fotogrametri digunakan dalam sejumlah cara yang tidak terduga.

Karena software fotogrametri sangat efisien, maka semakin banyak bisnis di seluruh lini industri yang menggunakan teknologi ini. Pengembangan teknologi ini memungkinkan penerapan fotogrametri dalam bidang-bidang yang tidak terpikirkan sebelumnya, yang membuat pekerjaan semakin mudah. Mari kita lihat beberapa penggunaan fotogrametri bisnis yang paling umum saat ini.

 1Teknik

Karena fotogrametri sangat tergantung pada pengukuran yang akurat, tidak mengherankan bahwa salah satu industri pertama yang mengadopsi teknologi ini adalah teknik. Ketika membangun struktur kompleks, bangunan, atau pencapaian teknologi lainnya, semuanya harus seakurat mungkin.

Dengan menggunakan foto-foto dari drone, para insinyur dapat mengevaluasi proyek konstruksi secara bertahap untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Cara lain yang signifikan untuk memanfaatkan teknologi ini adalah untuk menunjukkan gambar perspektif kepada klien dan pekerja konstruksi. Berkat rendering 3D, lebih mudah dari sebelumnya untuk membuat visual yang sedang berlangsung atau hasil prospektif.

2. Survey Lahan

Sebuah industri yang cukup ramai dalam beberapa tahun terakhir adalah survei lahan. Survei lahan adalah cara menggunakan sains, pengukuran, dan teknologi untuk menentukan permukaan tanah. Informasi ini digunakan oleh kru konstruksi, arsitek, dan bahkan pemerintah daerah untuk memutuskan batas properti, perencanaan bangunan, atau hanya analisis data. Fotogrametri dan survei lahan memiliki banyak tumpang tindih, dan itulah sebabnya begitu banyak surveyor yang menggunakan teknik fotogrametri dalam pekerjaanya. Sementara pencitraan satelit telah menjadi pilihan utama selama bertahun-tahun, drone mampu mengambil gambar yang jauh lebih akurat tentang hal-hal seperti kontur dan massa daratan. Surveyor darat dapat menggunakan fotogrametri untuk membuat pengukuran yang lebih akurat. Penelitian ini dapat diterapkan dengan cara yang lebih luas, yang dapat memberi manfaat bagi seluruh masyarakat.

3. Real Estate

Karena begitu banyak pembeli rumah yang mengandalkan iklan online untuk menemukan rumah baru, agen real estate dihadapkan dengan tantangan untuk menciptakan visual yang menarik tentang properti mereka. Drone dan teknik fotogrametri modern membuatnya lebih mudah untuk membuat gambar rumah yang jelas dan akurat tanpa menghabiskan banyak waktu atau uang.

Seorang pembeli lebih cenderung mempertimbangkan bagaimana mereka dapat melihat properti yang akan dibelinya dari semua sudut dengan jelas. Ini merupakan cara yang mampu menghemat waktu dan biaya bagi pembeli dan penjual dibandingkan jika harus mengunjungi properti satu persatu untuk membandingkan secara langsung.

 4. Film dan Entertainment

Pembuat film telah mengandalkan pemodelan 3D selama bertahun-tahun, dan fotogrametri memenuhi permintaan ini untuk pengukuran yang akurat dalam worldbuilding. Menggunakan fotogrametri memungkinkan pembuat film lebih bebas dalam mengatur desain. Mereka mungkin menggunakan rendering 3D untuk merencanakan set yang kompleks sebelum syuting, atau mungkin menjadi bagian dari proses pengeditan.

Fotogrametri juga digunakan dalam video games untuk menciptakan aset seni berkualitas tinggi dan lingkungan yang realistis. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi ini meningkatkan cara bagaimana para kreator membangun set, permainan, dan situasi realistis foto.

5. Olahraga

Salah satu bidang olahraga yang diuntungkan dengan adanya teknologi ini adalah rekreasi luar ruangan seperti hiking dan memanjat. Jenis olahraga ini sangat bergantung pada peta topografi yang akurat, dan fotogrametri telah bertanggung jawab untuk  hal ini selama beberapa dekade. Area yang lebih terpencil dapat dipetakan melalui teknik baru, dan itu berarti Anda dapat membuka area penjelajahan baru.

6Forensik

Walaupun sepertinya fotogrametri tidak ada hubungannya dengan investigasi TKP dan forensik, itu sebenarnya tidak benar. Tren yang berkembang ini paling sering diterapkan pada kecelakaan lalu lintas dan kasus cedera tidak disengaja. Mengetahui semua detail kecil dalam kasus-kasus ini adalah kuncinya, dan fotogrametri dapat membantu mendokumentasikan pengukuran tepat dari tempat kejadian suatu kejahatan yang akan sangat membantu di pengadilan.

 

Share Arikel :